Sep 12, 2017

Cara Menambah atau Mengurangi serta Migrasi Daya PLN Lewat ONLINE Internet


Cara Menambah atau Mengurangi serta Migrasi Daya PLN Lewat ONLINE Internet


PLN sekarang sudah bukan PLN yang dulu lagi. Kalau dulu, mau pasang jaringan listrik baru harus lewat calo. Bisa dibayangkan biaya pemasangan bisa membengkak dari pada biaya seharusnya. Sekarang melalui website-nya kita bisa melakukan berbagai hal mulai dari pemasangan jaringan, penambahan dan pengurangan daya listrik, sampai cek tagihan listrik bulanan. Dan semua itu tentunya bisa dilakukan dengan biaya resmi. Bye.. bye..calo...

Yang ingin saya ceritakan di sini adalah pengalaman saya melakukan penambahan daya listrik dari 450VA (watt) ke 900VA melalui internet. Sebagai gambaran, lokasi saya di sebuah desa agak pelosok (hehe...) di Kabupaten Kampar. Ada beberapa hal yang harus kita siapkan sebelum kita melakukan permohonan daya secara online ini. Diantaranya : Nomor ID Pelangggan atau ID Meter (dapat dilihat di rekening tagihan listrik atau meteran listrik), KTP/SIM atau identitas lain (kecuali anda hapal nomor induk kependudukan atau nomor SIM hehe...), nama email anda (kalau tidak punya ya buat dulu dong...) dan terakhir uang administrasi (gak boleh bayar pakai daun ya..).

Setelah semua disiapkan, berikut langkah-langkahnya :
  1. Buka situs PLN dan klik pada bagian penambahan daya disini.
  2. Isi ID Pelanggan atau ID Meter, klik cari dan tunggu sampai data pelanggan/ data kita terpampang.
  3. Klik pada tab penambahan daya, dan isi identitas anda sesuai kolom yang ada. Jika identitas anda sama dengan data pelanggan yang terpampang pada data base PLN, anda tinggal centang pada pilihan copy data pelanggan.
  4. Isi perubahan daya yang anda inginkan. Bisa menambah ataupun mengurangi daya.
  5. Setelah itu akan muncul nominal biaya yang harus anda bayar untuk penambahan daya. Kalau yang anda lakukan pengurangan daya, maka tidak akan dipungut biaya.
  6. Kalau sebelumnya anda masih memakai meteran listrik lama dan sistem pembayaran pasca bayar, maka atas kebijakan PLN meteran akan diganti dengan meteran baru dan sistem pembayaran menjadi pra bayar. Untuk hal ini kadang terjadi penolakan para pelanggan PLN, karena mereka menganggap sistem pra bayar membuat biaya listrik lebih mahal.
  7. Setelah proses ini selesai, anda akan memperoleh email dari PLN berisi permohonan perubahan daya yang anda lakukan. Dalam email anda akan diminta melakukan konfirmasi dengan mengklik link yang ada.
  8. Dari link tersebut anda akan dibawa kembali ke situs PLN dan diberikan kode bayar beserta jumlah uang yang harus anda bayar. Kode bayar tersebut juga akan diemailkan ke email kita.
  9. Bayar ke tempat-tempat yang ditunjuk oleh PLN seperti Bank tertentu, Kios PPOB dan Kantor Pos Indonesia. Saya sendiri memilih bayar ke kantor pos karena lebih simpel.
  10. Di kantor pos anda bilang ke pegawai pos ingin membayar tambah daya PLN, kemudian pegawai pos akan meminta anda menyebutkan kode bayar.
  11. Setelah kode bayar diinput pegawai, akan terpampang nama pelanggan, ID pelanggan dan jumlah yang harus dibayar. Kantor pos akan membebankan biaya administrasi sebesar Rp 1.900,-. Jadi yang harus anda bayar adalah biaya dari PLN plus biaya admin kantor pos. Sebagai ilustrasi biaya penambahan daya saya dari 450VA ke 900VA adalah Rp360.500,- plus biaya admin Rp1900,- jadi total biaya Rp362.400,-. (ini ilustrasi harga aja ya)
  12. Langkah terakhir, anda tinggal menunggu petugas PLN datang dan mengganti meteran anda sekaligus menaikkan dayanya. Sebagai ilustrasi lagi, proses saya dari mulai membayar tagihan sampai petugas PLN datang adalah 10 hari kerja. Dalam situsnya dijanjikan bahwa proses penambahan daya ini akan berlangsung 7 hari kerja, tapi mungkin karena posisi rumah saya yang agak pelosok jadi agak lama.

Alur Perubahan Daya/ Migrasi




Selama menunggu anda bisa melakukan pengecekan status permohonan anda dengan fasilitas yang tersedia di situs. Tinggal masukkan ID Pelanggan/ ID Meter dan akan muncul informasi mengenai proses yang sedang dilalui selama penambahan daya. Setelah 7 hari petugas PLN tidak datang, saya sempat mengirim email ke PLN untuk menanyakannya, namun sampai hari ini, ketika petugas telah berhasil melakukan penambahan daya, email saya belum dibalas. Sekian pengalaman saya dalam melakukan permohonan penambahan daya lewat internet, dan selama proses ini berlangsung saya tidak mengeluarkan biaya selain yang saya sebutkan tadi. Tidak ada penambahan biaya untuk penggantian meteran ataupun sekedar uang lelah bagi petugas PLN yang datang. Bila ada pertanyaan silahkan cantumkan di kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Type your comment here
EmoticonEmoticon